Rabu, 19 November 2014

KULINER KHAS LASEM

       Di kabupaten Rembang, Jawa Tengah terdapat kota tua cantik yang konon menjadi tempat awal mula kedatangan warga Tionghoa ke Indonesia. Selain kaya akan budaya dan sejarah, kota ini juga kaya akan kulinernya dengan cita rasa yang unik dan tentunya tak kalah menggiurkan dibandingkan dengan kuliner di sejumlah kota lainnya.

1. Sate Srepeh

       Berbeda dengan jenis sate lainnya yang disajikan menggunakan bumbu kacang, bumu sate srepeh ini terbuat dari santan dan gula merah. Bumbu sate ini memiliki perpaduan rasa gurih dan asin yang bercampur dengan potongan potongan ayam yang dilumatkan.
Sate Srepeh

2. Urap Latoh

       Urap Latoh merupakan kuliner khas Kota Lasem yang menggunakan bahan dasar latoh sebagai sayurannya yang dicampur parutan kelapa yang diberi bumbu. Latoh merupakan tanaman sejenis rumput laut berwarna hijau dan bentuknya bercabang cabang. Saat dimakan, latoh akan terasa garing.
Urap Latoh

3. Dumbek

       Dumbek merupakan kue basah yang terbuat dari tepung beras, gula jawa, santan dan dibungkus menggunakan daun kelapa/janur. Makanan ini hampir sama dengan kue celorot. Dumbek memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis.
       Kue Dumbek sering dijumpai saat ada acara adat seperti sedekah bumi yang diadakan oleh sejumlah desa di Lasem.
Dumbek

4. Lontong Tuyuhan

       Lontong tuyuhan dibuat dari potongan ayam yang dipadukan dengan tempe, jerohan, dan lontonga yang dihidangkan bersama kuah santan. Makanan ini hampir serupa dengan opor ayam, yang membedakan lontong tuyahan dengan opor ayam yaitu kuahnya. Kuah lontong tuyuhan memiliki rasa yang sedikit pedas ditambah dengan campuran bawang, kemiri dan juga jinten.
Makanan ini diberi nama berdasarkan asalnya yaitu Desa Tuyuhan.
Lontong Tuyuhan
5. Limun Kawista

       Limun kawista merupakan kuliner khas Lasem yang menggunakan bahan dasar buah kawis. Minuman ini memiliki rasa yang hampir sama dengan salah satu minuman soda terkenal di dunia. Oleh sebab itulah minuman ini juga dikenal sebagai minuman soda.
Syrup dan Limun Kawista

6. Kue Satru

       Kue satru merupakan salah satu kuliner khas Kota Lasem yang hampir serupa dengan kue sagu. Namun, bedanya kue ini terbuat dari perpaduan antara sagu dan kacang hijau. Biasanya, kue ini dicetak menggunakan cetakan berbentuk bunga.
Kue Satru



Nah itulah kuliner kuliner khas Kota Lasem yang harus kamu coba bila kamu berkunjung ke Kota Lasem :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar